Blog

14/11/2019

Ini Dia 5 Peluang Usaya Yang Pas untuk Pensiunan

Ini Dia 5 Peluang Usaya Yang Pas untuk Pensiunan – Pensiunan merupakan seseorang yang sudah tidak bekerja lagi karena usianya sudah lanjut dan harus diberhentikan, ataupun atas permintaan sendiri (pensiun muda). Seseorang yang pensiun biasanya memperoleh hak atas dana pensiun atau pesangon bagi beberapa profesi. Jika mendapat pensiun, maka beberapa dana pensiun juga akan tetap diberikan meskipun sampai meninggal dunia.

Ini Dia 5 Peluang Usaya Yang Pas untuk PensiunanDalam aturan pemerintah Indonesia , dijelaskan bahwa usia pensiun untuk seorang pekerja adalah pada umur 55-60 tahun. Artinya di usia tersebut, Anda seharusnya sudah tidak lagi bekerja untuk menikmati hari tua. Namun, peraturan tersebut tentu memiliki pengecualian, misalnya Anda adalah pemilik sebuah perusahan atau memiliki usaha, bisnis akan tetap dapat dilakukan tanpa memandang umur Anda.

Menurut aturan pemerintah, usia pensiun seseorang di tentukan berdasarkan regulasi perusahan atau instansi.

Untuk lebih jelasanya bisa di baca di :

Indonesia. Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Tenaga Kerja

Indonesia. Undang-Undang Nomor 11 Tahun 1992 tentang Dana Pensiun

Indonesia. Undang-Undang Nomor 3 Tahun 1992 tentang Jaminan Sosial Tenaga Kerja

Indonesia. Peraturan Menteri Tenaga Kerja No. Per-02/Men/1995 tentang Usia Pensiun Normal dan BUP Maksimum Bagi Peserta.

Dengan memiliki bisnis sampingan, seorang pensiunan tidak akan mengalami kesulitan finansial dalam menjalani hidup di hari-hari tua. Yang perlu diperhatikan bahwa bisnis sampingan untuk pensiunan adalah bisnis yang tidak membutuhkan banyak waktu dan tenaga. Apa saja bisnis sampingan yang boleh dipertimbangkan? Simak 5 Peluang Usaya Yang Pas untuk Pensiunan di bawah ini:

1. Franchise (Bisnis Waralaba)
Salah satu bisnis sampingan pensiunan adalah bisnis warabala. Sebuah bisnis yang dijalankan dengan sistem waralaba dapat dikatakan menjadi sebuah pilihan bisnis sampingan yang tepat karena sistem kerja ini tidak memakan banyak waktu.

Selain dapat diawali dengan modal yang tidak terlalu besar, jenis bisnis tersebut tidak mengharuskan kita menjalankan bisnis tersebut setiap saat. Karena biasanya sistem bisnis tersebut sudah menggunakan seorang pegawai yang akan menjalankan bisnis tersebut, sedangkan kita hanya tinggal mengontrol dan mengatur bisnis tersebut.

Bisnis ini lebih condong ke arah makanan cepat saji, seperti minuman coklat, burger, pizza, es teh segar dan lain sebagainya. Jarang sekali atau bahkan tidak ada bisnis waralaba yang menjual barang-barang awet atau tahan lama. Di zaman sekarang bisnis seperti ini banyak digemari oleh mereka yang mempunyai modal, karena selain menguntungkan, mereka tidak perlu kerja keras serta tidak hanya 1 atau 2 saja, tapi bisa sampai 5 bisnis, tergantung kekuatan modal.

2. Bisnis Rumah Kos/Kontrakan
Masa pensiun akan semakin indah jika keadaan rumah tidak sepi. Biasanya, di usia pensiun, anak-anak sudah memiliki keluarga masing-masing dan rumah juga sepi karena anak-anak sudah tidak bersama lagi. Anda dapat memanfaatkan rumah tersebut untuk dijadikan bisnis kos-kosan atau kontrakan. Selain suasana rumah hidup kembali, juga akan ada pemasukan tambahan secara rutin. Tips ini sangat bisa dilakukan jika Anda memiliki rumah atau tanah yang masih kosong. Jika Anda memiliki tempat tinggal di kota dan berdekatan dengan perkantoran, kampus, atau tempat umum, bisnis rumah kos atau kontrakan bisa menjadi salah satu bisnis pensiunan yang bisa diperhitungkan. Meskipun modal membangun kos tidaklah murah, tetapi setelah terwujud, Anda hanya tinggal menerima bayaran setiap bulan dari setiap penyewa. Bisnis kos ini juga tidak ada matinya, bahkan semakin tahun semakin naik harga sewa kos-kosan. Hal terpenting yang perlu Anda lakukan sebelum melakukan bisnis ini adalah perencanaan yang matang, perawatan dan layanan prima kepada penyewa, hingga promosi.

3. Usaha Bidang Peternakan
Usaha peternakan menjadi sektor yang bisa digarap oleh Anda yang sudah pensiun. Tidak membutuhkan waktu yang terlalu kaku, Anda bisa mulai mencoba dan membangun konsep bisnis di bidang peternakan.

Misalnya, dengan memulai membangun kandang, menyiapkan sumber daya seperti rencana bisnis, rekruitmen sumber daya manusia sampai bagaimana pemasaranya.

Bisnis yang sedang tren misalnya pembesaran ayam negeri, ayam petelur, bisnis pembesaran kambing atau sapi, sampai bisnis burung kicau.

Tentunya semua itu harus Anda pertimbangkan dengan matang, memiliki bisnis plan yang baik dan eksekusi yang baik, sehingga akan mendapatkan hasil yang baik.

Usaha di bidang peternakan sangat cocok untuk Anda yang sudah pensiun namun ingin memiliki kegiatan dan penghasilan, namun tidak menguras waktu dan tenaga, karena pengerjaanya di lakukan oleh karyawan Anda, anda cukup sebagai pemilik yang mengkonsep bisnis.

4. Buka Toko
Pilihan terakhir ini cukup ampuh sebagai solusi bisnis di usia pensiun karena terbukti usaha ini sangat diminati oleh mereka yang sudah ada di usia pensiun. Pasalnya, usaha ini bisa dilakukan di rumah dan tentu tidak memerlukan banyak pikiran yang bisa membuat stress. Sambil menjaga toko dan menunggu pelanggan, Anda bisa melakukan aktivitas yang Anda sukai dari mulai membaca buku atau hanya santai-santai saja. Toko di sini bisa berupa toko kelontong, toko mebel atau furniture, toko mainan dan lain sebagainya. Namun, semakin berkembangnya teknologi, tentu Anda juga tak boleh ketinggalan dengan kemajuan tersebut, terutama dalam berbisnis di usia pensiun. Saat ini toko pun juga bisa disulap menjadi toko modern yang terkoneksi internet dengan beragam pembayaran online yang memudahkan pembeli atau pelanggan Anda.

5. Membuka jasa laundry kiloan
Jasa laundry kiloan terbilang bisnis yang tidak ada matinya. Anda bisa memanfaatkan peluang ini saat Anda sudah pensiun.

Bisa dengan modal yang kecil atau jika Anda ingin serius dalam bisnis ini, Anda bisa membentuk tim untuk mulai membuat usalha laundry.

Peluang ini sangat menjanjikan, apalagi jika lokasi yang Anda pilih strategis, misalnya lingkungan kos-kosan, lingkungan kampus dan lingkungan perkantoran.

Anda hanya membutuhkan di antaranya ;

Mesin cuci dan pengering, Anda bisa menggunakan mesin pribadi, Sebuah setrika, Sebuah tim pekerja, untuk menghendel urusan teknis, seperti cuci mencuci, bisa terdiri dari minimal 2 orang.

Seperti bisnis pada umumnya, Anda akan membutuhkan promosi untuk mengenalkan usaha jasa loundy Anda. Dapat dengan membuat banner di depan rumah atau kios yang Anda sewa, menyebar pamflet promosi sebagai penawaran jasa Anda.

Itulah beberapa Peluang Usaya Yang Pas untuk Pensiunan. Bagi Anda yang sudah pensiun, yang ingin mengajukan Kredit Khusus Pensiun, Anda dapat menghubungi tim Marketing kami. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

, ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WeCreativez WhatsApp Support
Tim Support kami siap menjawab pertanyaan Anda. Berikan Pertanyaan Anda kepada Tim Support kami
👋 Hi, Dapatkah Saya Membantu?